Aksi Nyata Contoh Umpan Balik Pembelajaran

 

Aksi nyata pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Aksi nyata ini dapat berupa penerapan model pembelajaran baru, pengembangan media pembelajaran, atau inovasi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan sekolah dan siswa.

Aksi nyata pada PMM memiliki beberapa tujuan, yaitu:

·         Meningkatkan kualitas pembelajaran

·         Meningkatkan kompetensi guru

·         Meningkatkan kolaborasi antar guru

·         Mengembangkan kreativitas dan inovasi guru

 

Aksi nyata pada PMM dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok. Guru dapat memilih topik aksi nyata yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.

Berikut adalah beberapa contoh aksi nyata yang dapat dilakukan oleh guru di PMM:

·         Penerapan model pembelajaran berbasis projek

·         Pengembangan media pembelajaran digital

·         Pengembangan modul pembelajaran berbasis kurikulum Merdeka

·         Pemanfaatan sumber daya lokal dalam pembelajaran

·         Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung profil pelajar Pancasila

 

Aksi nyata pada PMM dapat didokumentasikan dan diunggah ke PMM. Dokumentasi aksi nyata ini dapat berupa laporan tertulis, foto, atau video. Guru yang mengunggah aksi nyata yang berkualitas akan mendapatkan sertifikat dan penghargaan dari Kemendikbudristek.

 

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat aksi nyata yang berkualitas:

·         Pilih topik aksi nyata yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda

·         Buat rencana aksi nyata yang jelas dan terukur

·         Lakukan aksi nyata dengan sungguh-sungguh

·         Dokumentasikan aksi nyata secara lengkap dan menarik

 

Aksi nyata pada PMM merupakan kesempatan bagi guru untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan melakukan aksi nyata, guru dapat menjadi agen perubahan dalam pendidikan.

Umpan Balik Pembelajaran

 

Umpan balik pembelajaran atau yang juga dikenal dengan istilah feedback pada dasarnya adalah respon atau informasi yang diberikan oleh pihak tertentu terkait proses pembelajaran, dengan tujuan untuk perbaikan dan peningkatan pemahaman. Pihak yang terlibat dalam pemberian dan penerimaan umpan balik ini bisa bervariasi, namun secara umum ada tiga jenis utama:

Guru ke Siswa: Ini adalah bentuk umpan balik yang paling umum, dimana guru memberikan evaluasi dan masukan terhadap kinerja atau pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Umpan balik bisa berupa pujian, koreksi, saran, penjelasan tambahan, atau pertanyaan untuk memancing diskusi.

Siswa ke Guru: Di samping menerima umpan balik, siswa juga bisa memberikan respon terhadap proses pembelajaran kepada gurunya. Umpan balik dari siswa bisa membantu guru mengetahui apakah materi yang disampaikan sudah cukup jelas, efektif, dan relevan dengan kebutuhan para siswa.

Siswa ke Siswa: Dalam pembelajaran kolaboratif, siswa juga bisa saling memberikan umpan balik. Ini bisa berupa koreksi terhadap presentasi teman, memberikan ide dalam diskusi kelompok, atau mengapresiasi kontribusi rekan dalam mengerjakan tugas bersama.

Manfaat Umpan Balik Pembelajaran:

·         Meningkatkan motivasi dan engagement siswa: Umpan balik yang efektif akan membuat siswa merasa dihargai dan diperhatikan, sehingga mereka termotivasi untuk meningkatkan kinerja dan lebih terlibat dalam proses belajar.

·         Memperbaiki pemahaman dan mengatasi kesalahpahaman: Umpan balik yang tepat sasaran dapat membantu siswa mengidentifikasi kelemahan, memahami materi lebih mendalam, dan mengatasi kesalahpahaman yang mungkin muncul.

·         Mengembangkan kemampuan belajar mandiri: Umpan balik yang berorientasi pada peningkatan diri akan mendorong siswa untuk menjadi pembelajar mandiri yang mampu mengevaluasi sendiri kemajuan belajarnya dan mencari strategi perbaikan sendiri.

·         Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif: Umpan balik yang positif dan konstruktif dapat menghubungkan guru dan siswa dengan lebih baik, sehingga tercipta lingkungan belajar yang saling mendukung dan menghargai.

Untuk membuat umpan balik pembelajaran efektif, ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan:

Fokus pada tugas, bukan pada orang: Hindari memberikan komentar yang bersifat menjatuhkan dan lebih baik fokus pada kinerja atau pekerjaan yang dilakukan siswa.

Bersifat spesifik dan deskriptif: Jelaskan secara detil apa yang perlu diperbaiki atau dikembangkan oleh siswa, jangan menggunakan kata-kata umum seperti "bagus" atau "jelek".

Bersifat konstruktif dan memberikan saran perbaikan: Selain menunjukkan kesalahan, berikan juga solusi atau alternatif yang bisa dilakukan siswa untuk meningkatkan kinerjanya.

Berikan pada waktu yang tepat: Umpan balik sebaiknya diberikan sedini mungkin saat masih ada kesempatan bagi siswa untuk melakukan perbaikan.

Berikan dengan pendekatan yang positif dan menghargai: Meskipun harus memberikan koreksi, tetap jaga komunikasi dengan nada yang positif dan menghargai usaha siswa.

Dengan memahami dan menerapkan umpan balik pembelajaran secara efektif, maka proses belajar mengajar akan menjadi lebih optimal dan siswa dapat mencapai prestasi belajar yang maksimal.

Ada beberapa contoh umpan balik yang bisa di pakai di satuan pendidikan tergantung dari fase apa yang Bapak Ibu Guru ajar, contoh tersebut bisa Bapak Ibu temukan di PMM. disini saya memberikan contoh Aksi Nyata Umpan Balik Pembelajaran yang bisa di gunakan di fase D,E dan  F

Adapun contoh Umpan Balik Pembelajaran :



 

UMPAN BALIK PEMBELAJARAN

 

Nama  : …………………………………….

 

Kelas  : …………………………………….

 

1.    Ceritakan perasaanmu setelah mengikuti pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak  dengan Bapak Abdul Hamid Majdi hari ini…. ?

Jawab :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

2.    Setelah mengikuti pertemuan pertama pelajaran Rekaya Perangkat Lunak dengan kurikulum merdeka belajar ini, tadinya saya pikir ……………… Ternyata……………

Jawab :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

3.    Apa saja yang kurang dari pembelajaran dengan Bapak Abdul Hamid Majdi hari ini yang ingin kamu tambahkan….

Jawab :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 Download Contoh Umpan Balik Pembelajaran.Docx

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url