Download Modul Ajar Rekayasa Perangkat Lunak Elemen Pemrograman Perangkat Bergerak
CAPAIAN PEMBELAJARAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
A. Rasional
Mata pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak berisi kompetensi kompetensi terkait
penguasaan keahlian pengembangan perangkat lunak. Mata pelajaran ini dilengkapi
dengan konsep serta implementasi pemrograman pada beragam perangkat, dan
pengelolaan basis data. Mata pelajaran ini berfungsi membekali peserta didik dengan
seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki bekal yang cukup
untuk masuk ke dalam dunia kerja. Mata
pelajaran ini merupakan mata pelajaran kejuruan
yang dipelajari pada fase F. Sebelum mempelajari mata pelajaran ini diharapkan
peserta didik telah memahami dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim
secara umum, sehingga peserta didik dapat mengimplementasikan seluruh capaian
dengan lebih optimal. Peserta didik
dibekali kemampuan melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan
materi pelajaran, melalui berbagai aktivitas proses secara saintifik
sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan menerapkan aspek digital consumer
behaviour melalui proses menemukan sendiri berbagai fakta, membangun
konsep, dan menemukan nilai-nilai baru secara mandiri. Mata
pelajaran ini juga turut berkontribusi dalam membentuk peserta
didik memiliki keahlian pada bidang pengembangan perangkat lunak, meningkatkan
lebih lanjut kemampuan berpikir komputasional, yaitu suatu cara berpikir yang
memungkinkan untuk menemukenali masalah, menguraikan suatu masalah menjadi
beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, merumuskan solusi, serta
menyusun langkah-langkah untuk mengembangkan perangkat lunak serta memberikan
solusi masalah yang dialami oleh pelanggan. Penguasaan kemampuan berpikir
komputasional tersebut secara tidak langsung akan membiasakan peserta didik
bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif
dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan sesuai dengan dimensi profil
pelajar Pancasila.
B. Tujuan
Mata pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak bertujuan membekali peserta didik
dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan (hard skills dan soft skills)
sesuai kualifikasi lulusan yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan sebagai
berikut:
1. memahami struktur, hierarki, aturan, komponen, instalasi, dan administrasi
basis data;
2. memahami lebih lanjut mengenai pemrograman terstruktur, pemrograman
berorientasi objek, dasar pemodelan perangkat lunak, dan pemrograman antar muka
grafis;
3. memahami pemrograman web statis dan dinamis; dan
4. memahami Integrated Development Environment, framework, pemrograman
perangkat bergerak serta antarmuka aplikasi yang saling berhubungan dengan
aplikasi lainnya (Application Programming Interface).
Satuan
Pendidikan |
: |
SMK NEGERI 1
BATUKLIANG |
Fase |
: |
F |
Mata
Pelajaran |
: |
REKAYASA
PERANGKAT LUNAK |
Capaian
Pembelajaran |
: |
Pada akhir
fase F peserta didik akan mampu mengimplementasikan bahasa pemrograman, basis
data, dan aplikasi desain untuk mengembangkan perangkat lunak yang mampu
beroperasi pada berbagai perangkat atau teknologi terkini |
Alokasi
Waktu |
: |
200 JP @45
Menit |
Elemen |
: |
PEMROGRAMAN
PERANGKAT BERGERAK |
Capaian
Pembelajaran |
: |
Pada akhir fase F peserta didik
mampu memahami dan mengomunikasikan pengertian, sejarah, dan komponen dalam
sistem operasi perangkat bergerak serta pengembangan aplikasinya, memahami
konsep serta menerapkan integrated Development Environment, framework dan
bahasa pemrograman untuk pengembangan aplikasi perangkat bergerak, memahami
konsep serta menerapkan basis data perangkat bergerak, bahasa pemrograman
untuk pengembangan aplikasi perangkat bergerak untuk beragam kebutuhan yang
kontekstual, antarmuka aplikasi yang saling berhubungan dengan aplikasi
lainnya (Application Programming Interface). Selain itu, peserta didik
juga mampu mendokumentasikan dan mempresentasikan aplikasi perangkat bergerak
yang telah dikembangkan. |