Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak Kurikulum 2013
Deskripsi Umum
Buku ini diberi judul “Rekayasa
Perangkat Lunak”,sama dengan salah satu program keahlian pada Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK). Meskipun demikian,
sebenarnya isi dari buku ini tidak secara khusus membahas tentang Rekayasa
Perangkat Lunak. Dari sisi pandang
bidang Ilmu Komputer ada lima sub-bidang yang tercakup dalam dalam buku ini,
yaitu sub-bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Operasi, Algoritma dan
Struktur Data, Bahasa Pemrograman dan Basis Data. Hal ini disesuaikan dengan kurikulum tingkat
SMK untuk Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Pokok bahasan tentang Rekayasa Perangkat Lunak
secara umum membahas dasar-dasar pengertian Rekayasa Perangkat Lunak, masalah
dan pemecahan masalah, dan metode-metode pengembangan perangkat lunak. Pembahasan tentang sub-bidang Sistem Operasi
berisi sistem computer, sistem operasi dan bekerja dalam jaringan
computer. Cakupan materi algoritma meliputi
algoritma dasar dan algoritma lanjutan.
Sub bidang Bahasa Pemrograman mengambil porsi yang cukup besar, meliputi
pemrograman GUI dengan VB & VB.Net, pemrograman Java, pemrograman C++,
pemrograman berorientasi obyek dan Pemrograman berbasis web. Sub-bidang terakhir yang menjadi bagian dari
buku ini adalah Basis Data dengan cakupan tentang system basis data, pemodelan
konseptual, basis data relasional, Microsoft Access dan SQL.
Cara Menggunakan Buku
Buku ini secara khusus ditujukan
kepada siswa dan guru SMK untuk program keahlian RPL. Namun demikian, buku ini juga terbuka bagi
pembaca umum yang berminat dalam dunia RPL, Algoritma dan Pemrograman, Basis
Data dan Internet. Bagi siswa, buku ini
dapat dijadikan buku pegangan, karena ini
buku ini menyediakan bahan-bahan
pelajaran yang cukup lengkap untuk mata pelajaran selama tiga tahun di bangku
sekolah. Beberapa bagian dari buku ini mungkin
memerlukan buku-buku bantu lainnya untuk lebih memperkaya wawasan dan
peningkatan kemampuan. Sedangkan bagi
guru, buku ini dapat digunakan sebagai buku referensi untuk menyusun
modul-modul ajar bagi anak didiknya. Buku
ini disusun sedemikian rupa agar siswa dapat belajar secara mandiri dan terdorong untuk mencoba secara
langsung. Oleh karena itu dalam buku
ini, akan banyak dijumpai ilustrasi baik yang berupa gambar, skema maupun
listing program. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat dengan
mudah memahami penjelasan ataupun penerapan suatu konsep tertentu. Bahkan pada bagian akhir bab diakhiri dengan
soal-soal latihan dari pokok bahasan pada bab tersebut.